Skip to main content

Tips Belajar Kamera DSLR

Ini adalah bagian terakhir dari serial Belajar dSLR Untuk Pemula. Pada tiga bagian yang lalu, kita sudah menjelajahi bagian body kamera, informasi pada LCD, serta pengaturan pada tiap-tiap mode preset. Sekarang, kita akan lihat apa yang menjadi bagian paling “menghebohkan” dari kamera dSLR, yaitu lensa.
Salah satu alasan terbesar orang hijrah ke dSLR adalah lensanya yang bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Fotonela sudah pernah membahas beberapa hal tentang lensa dSLR ini. Artikel-artikel itu adalah tentang:
  • Dasar Ukuran Lensa Kamera
  • Memaksimalkan Manfaat Kit Lens
  • 3 Lensa dSLR Yang Sebaiknya Kamu Punya
  • Jenis-jenis Lensa Dan Kegunaannya dan
  • 10 Masalah Pemula Saat Belajar Menggunakan Lensa dSLR
Kamu bisa coba membaca artikel-artikel diatas sebagai suplemen atau tambahan dari artikel ini.
Lensa, pada dasarnya, adalah serangkaian optik atau kaca yang diatur sedemikian rupa sehingga bisa mengantarkan cahaya menuju sensor kamera. Ada lensa zoom (beberapa ukuran dalam satu lensa, mulai dari jarak paling dekat ke yang paling jauh), lensa fix/prime (satu ukuran saja pada satu lensa), serta lensa-lensa dedicated atau lensa khusus untuk keperluan tertentu seperti macro, wide angle, fisheye, tilt-shift, dan sebagainya.
Kenapa seorang fotografer membutuhkan beberapa lensa yang berbeda?
Karena kemampuan setiap lensa berbeda, dan seorang fotografer akan sampai pada saat dimana ia membutuhkan lensa dengan karakteristik yang berbeda. Misalnya, mereka yang suka memotret benda-benda langit akan membutuhkan lensa tele yang bisa zoom sampai mendekati objek. Mereka yang menggemari portrait akan menyukai lensa dengan bukaan aperture maksimal yang kecil. Mereka yang suka landscape akan memilih lensa ultra wide angle, dan seterusnya
Bagaimana caranya saya tahu lensa apa yang saya butuhkan?
Tentunya berawal dari praktek. Umumnya, lensa pertama yang digunakan pengguna pemula dSLR adalah lensa kit ukuran 18-55mm dengan f/5.6-3.5. Seiring waktu dan penggunaannya, kamu akan mengenali keterbatasan dari lensa ini. Misalnya, bokeh yang kurang maksimal karena bukaan aperture yang tidak terlalu lebar. Atau sulitnya mendapatkan foto candid karena jarak tele-nya yang “hanya” 55mm. Lalu seiring waktu pula kita akan mulai menemukan satu genre yang menjadi favorit kita. Apakah itu macro, landscape, portrait, dan sebagainya. Dari sinilah kamu kemudian akan mencari lensa yang paling cocok dengan kebutuhan, Setelah melalui riset, survey, menbaca referensi kamu pasti bisa menemukan lensa yang paling cocok baik itu secara teknis maupun anggaran.
Kenapa ada lensa yang mahal dan ada yang murah?Banyak variabel yang menentukan harga sebuah lensa. Mulai dari merk sampai kualitas optik. Lensa fix biasanya lebih murah daripada lensa zoom karena rangkaian kaca di dalamnya lebih sederhana. Lensa dedicated akan jauh lebih mahal karena membutuhkan optik khusus untuk mendapatkan efek tertentu. Merk lensa juga menentukan harga. Ini kemudian membuat orang mencari alternatif untuk bisa memasangkan kameranya dengan lensa dari pabrikan lain yang kualitasnya bagus tapi harganya lebih terjangkau. Atau bisa juga digunakan converter yang fungsinya seperti filter tapi bisa menciptakan efek dengan harga jauh lebih murah daripada lensa khusus.
Sekarang, kita akan lihat bagian-bagian umum dari sebuah lensa dSLR. Sebagai contoh, saya pakai lensa fix 50mm:

Pada bagian tubuh lensa, atau pipa, kita bisa menemukan informasi sebuah lensa. Berapa ukuran focal lengthnya (pada gambar diatas, 50mm), berapa bukaan aperture maksimalnya, berapa diameternya, dan pada lensa zoom akan tertera angka-angka untuk menandai perubahan focal length dari jauh ke dekat dan sebaliknya. Juga pada beberapa lensa ada penanda infinity (angka 8 rebah) untuk bukaan aperture minimal yang terkecil
Switch auto fokus/manual fokus bisa digunakan sesuai kebutuhan. Auto untuk kepraktisan, sementara manual menawarkan ketepatan. Kamu bisa baca juga artikel tentang menguasai manual fokus dan situasi apa saja yang cocok untuk mode ini.
Jika lensa dalam keadaan MF (Manual Focus), maka ring fokus di bagian ujung bisa diputar-putar untuk menemukan titik fokus yang tepat dan diinginkan. Jangan sekali-kali memutar ring ini pada keadaan AF karena bisa merusaknya secara permanen.
Demikian artikel terakhir untuk seri belajar dSLR ini. Semoga bermanfaat dan bisa kamu praktekkan :)

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan lensa USM dengan IS dan STM

USM dan IS adalah fitur yang sama-sama ditawarkan oleh lensa canon. Kedua fitur tersebut benar-benar berbeda fungsi antara satu dan lainnya, sehingga tidak bisa dibandingkan. persamaan dari kedua fitur tersebut hanyalah sama sama berharga lebih mahal dari lensa standar. Anda dapat memiliki salah satu atau keduanya pada focal length yang sama, karena mereka bekerja dengan cara yang sangat berbeda. USM atau Ultra Sonic Motor bekerja pada mekanisme autofokus sementara IS(Image Stabilization) bertugas untuk meredam efek akibat goyangan tangan dengan jalan menggerakkan elemen didalam lensa. Fungsi lensa USM lebih kepada auto fokus yang lebih cepat yang sangat berguna untuk mengabadikan subjek yang bergerak cepat. Beberapa kelebihan lensa USM dibanding lensa motor normal adalah auto fokus yang lebih cepat serta tidak berisik. Di lain sisi fungsi lensa IS(Image Stabilization) adalah mengurangi blur yang diakibatkan oleh pergerakan kamera atau pergerakan tangan. Tidak perduli seberapa

Cara merubah Ukuran Satuan Gambar Pada Autocad

Cara merubah satuan ukuran gambar pada autocad - Biasanya standar diindonesi menggunakan satuan ukuran unut dengan milimeter (mm) untuk gambar di autocad. tp kalau di luar negeri khusunya US, Standar mereka mengunakan satuan ukuran unit dengan Feet atau Inchi. begitu juga dengan standar tiap - tiap perusahaan sesuai yang berlaku. ada 2 cara merubah satuan ukuran unit gambar pada Autocad dengan mudah dengan langkah - langkah sebagai berikut: Cara pertama - Klik kanan pada area kerja gambar. - Pilih dan Klik Option. - Klik pada tab User preferences. Cara kedua - Ketik command UNITS. atau UN - Pilih jenis satuan ukuran unit yang diperlukan pada kolom insetion scale. dan klik selesai.

Cara mengganti backround Photo dengan Photoshop CC

Kesempatan kali ini Aeru akan menghadirkan tutorial   mengganti background photo dengan photoshop , photoshop yang saya gunakan pada kesempatan ini adalah photoshop cc namun kawan Aeru dapat menggunakan photoshop versi yang lain karena pada dasarnya prinsip-prinsip yang ada pada setiap versi photoshop ialah sama. Tutorial ganti background photo dengan photoshop saya sertakan gambar agar lebih cepat dimengerti, tutorial ini direqust oleh teman kerja saya yang merasa kesulitan dalam hal edit photo menggunakan software ini. ok g usah panjang-panjang ya basa-basinya.... 1.Klik softwarenya 2. Klik file-open-pilih photo yang akan diedit      3. Buka kunci layer dengan cara klik 2x layer yang bergambar kunci kemudian akan muncul box popup   klik ok maka kunci layer akan terbuka ( perhatikan gambar yang dilingkari berwarna merah ) 4. Klik kanan layer kemudian klik duplikat layer akan muncul box popup klik ok        5. Klik layer yang