Skip to main content

Cara Foto Cahaya Lampu Tampak Seperti Bintang

Efek bintang sering kita lihat dalam pemotretan malam hari, contohnya foto lalu lintas jalan raya atau foto suasana kota (cityscape), namun jika kamu sudah mengerti bagaimana tekniknya, membuat efek ini di waktu apapun tentu saja bisa.
Efek ini akan muncul saat kita memotret sebuah sumber cahaya dengan bukaan lensa kecil, entah yang difoto itu lampu jalan ataupun lampu kendaraan. Dengan bukaan kecil akan membuat cahaya yang muncul berpendar membentuk beberapa sudut cahaya atau sederhananya berbentuk seperti bintang.

Untuk mendapatkan efek seperti ini kamu tak perlu repot-repot untuk mengedit menggunakan software, jika mau sedikit bereksperimen dengan kamera dan lensa, kamu bisa langsung mendapatkannya saat memotret, namun tentu dibutuhkan beberapa trik dan cara tersendiri untuk mendapatkan efek ini langsung di foto.Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat efek cahaya lampu tampak seperti bintang di foto.

1. Gunakan Mode Manual (M) atau Aperture Priority ( A/Av)

Pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengerti bagaimana caranya mengganti mode pada kamera anda, setiap kamera memiliki roda untuk mengganti menu di bagian atas kamera, dimana roda tersebut bisa diputar yang mengarahkan panah pada masing-masing mode yang dipilih.
Roda menu di atas kamera. Sumber gambar :gaptek28.files.wordpress.com
Roda menu di atas kamera. Sumber gambar :gaptek28.files.wordpress.com

1. Gunakan Mode Manual (M) atau Aperture Priority ( A/Av)

Pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengerti bagaimana caranya mengganti mode pada kamera anda, setiap kamera memiliki roda untuk mengganti menu di bagian atas kamera, dimana roda tersebut bisa diputar yang mengarahkan panah pada masing-masing mode yang dipilih.
Agar supaya kita bisa dengan mudah mengubah nilai dari aperture atau bukaan lensa, maka kedua mode tersebutlah yang paling tepat. Namun masing-masing mode memiliki cara tersendiri untuk mengubah nilai aperture, untuk itu mari kita melihat langkah ke dua.

2. Seting nilai Aperture pada bukaan kecil 

Efek bintang yang kita bicarakan tadi akan muncul hanya bila kita menggunakan bukaan lensa yang kecil. nah di mode Manual atau Aperture Priority silakan ganti nilai aperture yang muncul di layar dengan nilai yang besar, pahami kembali bagaimana aperture dan cara penamaan di kamera pada link tadi.
Aperture yang kecil ditandai dengan nilai F yang besar di kamera, silakan kamu ganti nilai F itu menjadi besar. Saran saya gunakanlah f/14 atau f/16, hindari bukaan yang terlampau kecil seperti f/25 atau f/32 karena akan menyebabkan difraksi lensa dan ketajaman foto akan banyak berkurang.

Selanjutnya mungkin yang sedikit membingungkan adalah mengubah nilai aperture di kamera, jika kamu menggunakan mode manual, masing-masing kamera memiliki caranya masing-masing.
Kamu juga bisa membuka buku manual kamera anda atau search di Google cara mengganti nilai aperture sesuai dengan kameramu. Biasanya pada bagian atas kamera dekat tombol shutter ada tombol khusus yang bergambar diafragma atau semacam itu yang fungsinya untuk mengganti nilai aperture.
Kamu juga bisa masuk ke menu kamera dan lihat di bagian pengaturan untuk mengganti nilai aperture. Saran saya gunakan saja mode Aperture Priority (A atau Av), karena ini adalah cara yang paling mudah, tinggal memutar roda dial di kamera , dan nilai aperture akan berubah sesuai keinginan.
Pada mode manual kamera Nikon, tekan dan tahan tombol yang dilingkar,lalu putar roda dial kamera untuk mengubah nilai aperture pada kamera.

3. Sesuaikan nilai shutter speed kamera

Konsekuensi dari nilai aperture yang besar atau bukaan kamera yang kecil, foto yang akan kita hasilkan akan under eksposur atau bisa saja gelap total. Untuk itu kita harus menyesuaikan shutter speed yang ada.
Jika kamu menggunakan mode manual silakan putar roda dial kamera ke kiri untuk mengubah nilai shutter speed menjadi lebih lambat, sesuaikan hingga lightmeter yang muncul di viewfinder kamera berada di titik 0, atau pas di tengah-tengah.
Jika memotret di malam hari, biasanya kamu akan mendapatkan shutter speed di kisaran belasan detik. Berbeda dengan manual mode, saat kamu menggunakan Aperture Priority, kamera secara otomatis sudah menentukan berapa detik shutter speed yang ada tanpa harus diubah-ubah lagi.
Layar LCD di mode Av. Sumber gambar : Digitalcameraworld.com

4. Matikan auto ISO

Saat memotret di kondisi malam hari, metering kamera akan memilih setingan ISO yang tinggi guna mengatasi situasi under eksposure yang terbaca. kamu tak maukan jika nanti hasil fotonya penuh dengan bintik-bintik noise di seluruh frame foto.
Matikan saja fitur auto ISO kemudian set ISO ke nilai paling rendah, biasanya 100 atau 200. Dengan begitu hasil foto yang ada akan memiliki kualitas maksimal.

5. Gunakan tripod

Tripod merupakan benda wajib saat memotret dengan shutter speed lambat, apalagi jika sampai belasan detik. Jika masih ngeyel mau pake tangan sih silakan, paling yang muncul di foto nanti adalah gambar abstrak karena blur hehehe.
Jika tak ada tripod, kamu bisa mencari tempat datar untuk meletakkan kamera, tapi tentu akan membuatmu jadi sulit mengkomposisikan gambar nantinya.

6. Auto fokus atau manual fokus

Saat memotret di malam hari biasanya kamera akan mengalami kesulitan saat menentukan titik fokus, hal paling parah adalah kamera tak bisa mengunci fokus karena kondisi yang remang atau kurang cahaya.
Jika dalam situasi seperti ini, biasanya manual fokus akan jauh lebih berguna. Silakan pindah tuas fokus di lensa ke manual, lalu masuk ke mode live view, zooming pada objek yang ingin difokus, lalu putar ring fokus sampai area yang tampak di layar LCD jadi fokus.

7. Gunakan timer atau shutter release

Agar kamera tidak bergoyang saat kamu menekan tombol shutter, gunakanlah timer pada kamera, atau jika punya, gunakan saja shutter release. Shutter release adalah alat yang berfungsi untuk memicu shutter pada kamera.
Shutter release biasanya tersambung dengan kabel namun ada juga yang tanpa kabel (wireless), pastikan saat membeli shutter release, sesuai dengan tipe dan model kamera kesayaganmu. Shutter release juga akan bermanfaat saat kamu menggunakan mode bulb di kamera (memotret dengan shutter speed lebih dari 30 detik).

8. Jangan ragu untuk memotret sekali lagi

Saat pertama kali mencoba, bisa jadi hasilnya kurang maksimal, jadi jangan ragu untuk mencoba kembali, atur komposisi yang menarik, bereksperimenlah dengan nilai bukaan atau aperture dan juga shutter speed.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan lensa USM dengan IS dan STM

USM dan IS adalah fitur yang sama-sama ditawarkan oleh lensa canon. Kedua fitur tersebut benar-benar berbeda fungsi antara satu dan lainnya, sehingga tidak bisa dibandingkan. persamaan dari kedua fitur tersebut hanyalah sama sama berharga lebih mahal dari lensa standar. Anda dapat memiliki salah satu atau keduanya pada focal length yang sama, karena mereka bekerja dengan cara yang sangat berbeda. USM atau Ultra Sonic Motor bekerja pada mekanisme autofokus sementara IS(Image Stabilization) bertugas untuk meredam efek akibat goyangan tangan dengan jalan menggerakkan elemen didalam lensa. Fungsi lensa USM lebih kepada auto fokus yang lebih cepat yang sangat berguna untuk mengabadikan subjek yang bergerak cepat. Beberapa kelebihan lensa USM dibanding lensa motor normal adalah auto fokus yang lebih cepat serta tidak berisik. Di lain sisi fungsi lensa IS(Image Stabilization) adalah mengurangi blur yang diakibatkan oleh pergerakan kamera atau pergerakan tangan. Tidak perduli seberapa

Cara merubah Ukuran Satuan Gambar Pada Autocad

Cara merubah satuan ukuran gambar pada autocad - Biasanya standar diindonesi menggunakan satuan ukuran unut dengan milimeter (mm) untuk gambar di autocad. tp kalau di luar negeri khusunya US, Standar mereka mengunakan satuan ukuran unit dengan Feet atau Inchi. begitu juga dengan standar tiap - tiap perusahaan sesuai yang berlaku. ada 2 cara merubah satuan ukuran unit gambar pada Autocad dengan mudah dengan langkah - langkah sebagai berikut: Cara pertama - Klik kanan pada area kerja gambar. - Pilih dan Klik Option. - Klik pada tab User preferences. Cara kedua - Ketik command UNITS. atau UN - Pilih jenis satuan ukuran unit yang diperlukan pada kolom insetion scale. dan klik selesai.

Cara mengganti backround Photo dengan Photoshop CC

Kesempatan kali ini Aeru akan menghadirkan tutorial   mengganti background photo dengan photoshop , photoshop yang saya gunakan pada kesempatan ini adalah photoshop cc namun kawan Aeru dapat menggunakan photoshop versi yang lain karena pada dasarnya prinsip-prinsip yang ada pada setiap versi photoshop ialah sama. Tutorial ganti background photo dengan photoshop saya sertakan gambar agar lebih cepat dimengerti, tutorial ini direqust oleh teman kerja saya yang merasa kesulitan dalam hal edit photo menggunakan software ini. ok g usah panjang-panjang ya basa-basinya.... 1.Klik softwarenya 2. Klik file-open-pilih photo yang akan diedit      3. Buka kunci layer dengan cara klik 2x layer yang bergambar kunci kemudian akan muncul box popup   klik ok maka kunci layer akan terbuka ( perhatikan gambar yang dilingkari berwarna merah ) 4. Klik kanan layer kemudian klik duplikat layer akan muncul box popup klik ok        5. Klik layer yang