Skip to main content

Perbedaan lensa USM dengan IS dan STM

USM dan IS adalah fitur yang sama-sama ditawarkan oleh lensa canon. Kedua fitur tersebut benar-benar berbeda fungsi antara satu dan lainnya, sehingga tidak bisa dibandingkan. persamaan dari kedua fitur tersebut hanyalah sama sama berharga lebih mahal dari lensa standar. Anda dapat memiliki salah satu atau keduanya pada focal length yang sama, karena mereka bekerja dengan cara yang sangat berbeda. USM atau Ultra Sonic Motor bekerja pada mekanisme autofokus sementara IS(Image Stabilization) bertugas untuk meredam efek akibat goyangan tangan dengan jalan menggerakkan elemen didalam lensa.

Fungsi lensa USM lebih kepada auto fokus yang lebih cepat yang sangat berguna untuk mengabadikan subjek yang bergerak cepat. Beberapa kelebihan lensa USM dibanding lensa motor normal adalah auto fokus yang lebih cepat serta tidak berisik. Di lain sisi fungsi lensa IS(Image Stabilization) adalah mengurangi blur yang diakibatkan oleh pergerakan kamera atau pergerakan tangan. Tidak perduli seberapa sempurna anda memegang kamera dengan tangan, pasti akan terjadi sedikit pergerakan. IS bekerja dengan jalan menggerakkan elemen lensa untuk mengkompensasi gerakan dan menurunkan blur yang diakibatkannya.

Karena fungsi menurunkan efek blur tersebut IS mampu mempengaruhi kualitas suatu gambar, sedangkan USM tidak mampu mempengaruhi kualitas gambar namun sangat baik untuk subjek yang selalu bergerak. Kelebihan lensa USM yang tidak bising juga cukup bermanfaat untuk fotografi di alam liar karena mampu mencegah subjek kabur karena takut dengan suara motor lensa. USM hanya ditawarkan oleh canon sedangkan IS juga ditawarkan oleh produsen lain dengan label berbeda yakni VR(Vibration Reduction).

Bagaimana dengan lensa STM
STM (Strapper motor) memiliki kemampuan menghilangkan kebisingan saat merekam video. Fungsinya memang mirip dengan USM tetapi tidak memiliki kelebihan dalam kecepatan auto fokus. Lensa STM dijaul dengan harga yang lebih murah dibandingkan lensa USM, mungkin karena fiturnya yang minim. Fitur ini biasanya juga digabung dengan fitur IS oleh canon, sebut saja lensa Canon EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM.

Comments

Popular posts from this blog

Cara merubah Ukuran Satuan Gambar Pada Autocad

Cara merubah satuan ukuran gambar pada autocad - Biasanya standar diindonesi menggunakan satuan ukuran unut dengan milimeter (mm) untuk gambar di autocad. tp kalau di luar negeri khusunya US, Standar mereka mengunakan satuan ukuran unit dengan Feet atau Inchi. begitu juga dengan standar tiap - tiap perusahaan sesuai yang berlaku. ada 2 cara merubah satuan ukuran unit gambar pada Autocad dengan mudah dengan langkah - langkah sebagai berikut: Cara pertama - Klik kanan pada area kerja gambar. - Pilih dan Klik Option. - Klik pada tab User preferences. Cara kedua - Ketik command UNITS. atau UN - Pilih jenis satuan ukuran unit yang diperlukan pada kolom insetion scale. dan klik selesai.

Cara mengganti backround Photo dengan Photoshop CC

Kesempatan kali ini Aeru akan menghadirkan tutorial   mengganti background photo dengan photoshop , photoshop yang saya gunakan pada kesempatan ini adalah photoshop cc namun kawan Aeru dapat menggunakan photoshop versi yang lain karena pada dasarnya prinsip-prinsip yang ada pada setiap versi photoshop ialah sama. Tutorial ganti background photo dengan photoshop saya sertakan gambar agar lebih cepat dimengerti, tutorial ini direqust oleh teman kerja saya yang merasa kesulitan dalam hal edit photo menggunakan software ini. ok g usah panjang-panjang ya basa-basinya.... 1.Klik softwarenya 2. Klik file-open-pilih photo yang akan diedit      3. Buka kunci layer dengan cara klik 2x layer yang bergambar kunci kemudian akan muncul box popup   klik ok maka kunci layer akan terbuka ( perhatikan gambar yang dilingkari berwarna merah ) 4. Klik kanan layer kemudian klik duplikat layer akan muncul box popup klik ok        5. Klik layer yang