Skip to main content

Cara Mudah Merubah Foto Hitam Putih

Meskipun saat ini fotografi digital semakin canggih dalam hal menangkap dan menampilkan warna, tapi terkadang kita perlu merubah foto berwarna menjadi hitam putih. Terlepas dari kasus seperti pembuatan pas foto yang biasanya memerlukan foto hitam putih, foto digital biasa atau pemandangan juga akan terlihat lebih indah dengan nuansa berbeda jika diubah menjadi hitam putih. Sebagai software editing foto yang populer, Photoshop memiliki banyak cara untuk mengedit sebuah foto menjadi hitam putih salah satunya yang paling banyak yaitu dengan penyesuaian black and withe.

Beberapa cara untuk merubah foto menjadi hitam putih

1. Dengan Black and Withe Adjusment Layer

Ini adalah cara yang paling banyak digunakan. Caranya, pilih terlebih dahulu layer yang akan dibuat hitem putih, lalu klik kanan pada Adjustment Layer (ikon bulat dengan setelah hitam dan setengah putih) dan pilih Black and With. Gambar yang Anda pilih secara otomatis menjadi hitem putih, namun Anda masih bisa menyasuaikannya melalui slider yang muncul seperti di bawah.

2. Dengan Gradient Map Adjustment Layer

Setelah Anda pilih layer yang dibuat hitam putih, klik Adjustment layer lalu pilih Gradient Map. Pada penyesuaian Gradient map, pilih gradient black to white.
Untuk menjadikannya lebih gelap, Anda bisa menduplikat Gradient Map Adjustment Layer dengan menekan tombol Ctrl+J lalu ubah Blending modenya menjadi Soft Light.

3. Dengan Channel Mixer Adjustment Layer

Cara berikutnya adalah dengan channel mixer. Pilih terlebih dahulu layer yang ingin dibuat hitam putih lalu pilih adjustment layer dan pilih Channel Mixer. Centang pada kotak Monochrome. Anda juga bisa merubah nilai-nilai warna seperti merah, hijau, dan biru untuk merubah efeknya.

4. Dengan Desaturate

Cara lain yang paling sederhana adalah dengan desaturate. Anda hanya perlu menekan tombol Ctrl + Shift + U " maka gambar Anda akan diubah kedalam versi grayscale.

5. Dengan Color Mode

Dan cara terakhir Anda bisa merubah Color modenya melalu menu Image > Mode > Grayscale.

Itulah 5 cara mudah untuk merubah foto berwarna menjadi hitam putih. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.



Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan lensa USM dengan IS dan STM

USM dan IS adalah fitur yang sama-sama ditawarkan oleh lensa canon. Kedua fitur tersebut benar-benar berbeda fungsi antara satu dan lainnya, sehingga tidak bisa dibandingkan. persamaan dari kedua fitur tersebut hanyalah sama sama berharga lebih mahal dari lensa standar. Anda dapat memiliki salah satu atau keduanya pada focal length yang sama, karena mereka bekerja dengan cara yang sangat berbeda. USM atau Ultra Sonic Motor bekerja pada mekanisme autofokus sementara IS(Image Stabilization) bertugas untuk meredam efek akibat goyangan tangan dengan jalan menggerakkan elemen didalam lensa. Fungsi lensa USM lebih kepada auto fokus yang lebih cepat yang sangat berguna untuk mengabadikan subjek yang bergerak cepat. Beberapa kelebihan lensa USM dibanding lensa motor normal adalah auto fokus yang lebih cepat serta tidak berisik. Di lain sisi fungsi lensa IS(Image Stabilization) adalah mengurangi blur yang diakibatkan oleh pergerakan kamera atau pergerakan tangan. Tidak perduli seberapa

Cara merubah Ukuran Satuan Gambar Pada Autocad

Cara merubah satuan ukuran gambar pada autocad - Biasanya standar diindonesi menggunakan satuan ukuran unut dengan milimeter (mm) untuk gambar di autocad. tp kalau di luar negeri khusunya US, Standar mereka mengunakan satuan ukuran unit dengan Feet atau Inchi. begitu juga dengan standar tiap - tiap perusahaan sesuai yang berlaku. ada 2 cara merubah satuan ukuran unit gambar pada Autocad dengan mudah dengan langkah - langkah sebagai berikut: Cara pertama - Klik kanan pada area kerja gambar. - Pilih dan Klik Option. - Klik pada tab User preferences. Cara kedua - Ketik command UNITS. atau UN - Pilih jenis satuan ukuran unit yang diperlukan pada kolom insetion scale. dan klik selesai.

Cara mengganti backround Photo dengan Photoshop CC

Kesempatan kali ini Aeru akan menghadirkan tutorial   mengganti background photo dengan photoshop , photoshop yang saya gunakan pada kesempatan ini adalah photoshop cc namun kawan Aeru dapat menggunakan photoshop versi yang lain karena pada dasarnya prinsip-prinsip yang ada pada setiap versi photoshop ialah sama. Tutorial ganti background photo dengan photoshop saya sertakan gambar agar lebih cepat dimengerti, tutorial ini direqust oleh teman kerja saya yang merasa kesulitan dalam hal edit photo menggunakan software ini. ok g usah panjang-panjang ya basa-basinya.... 1.Klik softwarenya 2. Klik file-open-pilih photo yang akan diedit      3. Buka kunci layer dengan cara klik 2x layer yang bergambar kunci kemudian akan muncul box popup   klik ok maka kunci layer akan terbuka ( perhatikan gambar yang dilingkari berwarna merah ) 4. Klik kanan layer kemudian klik duplikat layer akan muncul box popup klik ok        5. Klik layer yang